Translate

Kamis, 31 Januari 2013

kerikil pembantu ayam


emm saya sering memerhatikan ayam di sekitar rumah saya ,ya memang keluarga saya memelihara beberapa ekor ayam ini,ada ayam kampung dan ayam negeri ehh tapi tidak ada ayam kampus lohh ,terkadang ayam ayam saya ini berkokok di malam hari,tapi bukan hanya satu ayam saja tapi teman teman nya pun ikut berkokok mungkin ini yang disebut kekompakan dalam dunia ayam hmm,kalo hal seperti itu memang sudah biasa yaaa,o iya ada lagi tetangga sebelah rumah saya pun ikut memelihara ayam jenis "kate" dua pejantan dan satu betina sudah mempunyai anak satu ekor .tapi pejantan kate ini mungkinn bisa dikatakan genit segenit genit nya ayam ,bagaimana tidak ayam kampung pun di kawini nya ,hadeeeh saya tidak tau bakal jadi seperti apa anaknya nanti ya mungkin unik juga ,kita tunggu lah induk nya sdang mengerami telurnya sekarang tapi kali ini bukan ini yang saya akan bahas tapi ,pernahkah anda melihat sesekali ayam menelan krikil atau makan krikil eitss ini memang benar kejadiannya ternyata bukan ayam saja yang memakan kerikil ternyata unggas lain pun seperti itu ,nah kenapa si ayam ini memakan kerikil ternyata si ayam ini tidiak memiliki gigi untuk mengunyah makanan ,tapi dia mempunyai kantung yang di sebut tembolok ,nah tembolok ini kerjanya seperti mulut dia akan meremas remas makanan dan untuk membantunya si ayam pun menelan kerikil untuk membantu kerjaan si teembolok ini ,jadii yaa bisa dibilang tembolok ini sebagai gantinya gigi ,emmm ya kurang lebih seperti itulaah hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar